Youth Camp for Asia's Future (1) - Proses Seleksi dan Delegasi Terpilih

Life is Journey, You Only Live Once. So, get your amazing journey around the world.
Agustus 2014 lalu, Alhamdulillah aku mendapatkan sebuah kesempatan emas. Rencana dan rezeki Allah sungguh indah hingga membawaku pada perjalanan yang menurutku, inoubliĆ©. Perjalananku kali ini mulanya dari iseng-iseng doang. Someday, aku lagi cari-cari beasiswa S2 di salah satu media social, tiba-tiba muncul announcement tentang program konferensi pemuda dan pertukaran budaya ke Korea Selatan. Nama programnya adalah Youth Camp for Asia’s Future 2014.  Pas baca persyaratannya, aku pikir nggak terlalu susah dan ribet buat diurus. *karena ceritanya, di waktu yang sama, aku juga lagi ngurusi beberapa kelengkapan sidang akhir TA, kebayang lah how damn is that~*
Pertukaran pelajar ini digawangi oleh Ministry of Gender Equality and Family, Korean Government. Ya, semacam Menpora nya Indonesia gitu lah. Waktu itu, cuma disuruh ngumpulin foto close up, copy paspor, surat rekomendasi dari kepala jurusan, sertifikat prestasi, pengalaman, TOEIC dan TOEFL. Selanjutnya, kita tinggal mengirim semua berkas itu ke kedutaan besar Korea di Indonesia by email. Proses seleksi kemudian 100% berada dibawah wewenang mereka.

Announcement
One month waiting, sekitar awal Juli, tiba-tiba dapet telepon dari nomor Jakarta. Wew, kaget, ternyata aku masuk ke tahap wawancara. Si pewawancara adalah dari pihak Kedubes Korea. I just feel like can’t believe what I heard, and being so grateful. Di sesi wawancara, aku cuma ditanyain bisa nggak join di acara ini tanggal 7 hingga 19 agustus, lalu punya kemampuan atau bakat seni apa, dan apa motivasi terbesarku. Simply, aku jawab bisa bangettt buat join program itu, lalu untuk seni, ya karna aku cuma bisa nyanyi ya aku jawab aja nyanyi *hahaha*. Trus, besoknya dapet email lagi kalo aku diterima untuk bergabung di acara tersebut. 
Satu hal yang perlu kalian tau, nggak satupun terlintas di pikiran aku untuk bisa berkunjung ke Negara itu. Well, aku bersyukur banget nget bisa kepilih, menjadi satu diantara tujuh pemuda terpilih untuk menjadi delegasi Indonesia dalam acara ini. Mereka adalah orang-orang kece terbaik dari universitasnya. They are Raga Jiwa Zoelya (UI), Dien Rizky Hutomo (UGM), Ayu Merlita( UGM), Isna Armawati (UNDIP), Nathasya Natalia (UNPAR), dan Tiffani Rinadha (UNPAD). *miss you guys*
(Berbangga foto bersama Bendera Pusaka Merah Putih)

Menjadi delegasi dalam program ini, semua kebutuhan kita mulai dari visa, tiket pesawat, akomodasi selama di korea, 100% ditanggung sama pemerintah Korea. Aku cuma tinggal bawa uang pribadi buat shopping-shopping sesuai kebutuhan aku aja.

*to be continued..

Komentar

  1. untuk tahun 2014 seluruh seleksinya under embassy ya??? waaah free lagi. padahal tahun 2013 terbangnya bayar sendiri. 2014 seleksinya nggak ada yang lewat jalur korean culture center indonesia (kcci) ?? kira-kira kalo bukan dari jurusan bhs korea dan gak ada pengalaman ttg korea masih ada peluang bisa ikut ini nggak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo mbak firda, maafkan saya baru sempat membalas karena aktivitas yang luar biasa padat.

      Iya, seluruh seleksi tahun ini under embassy dan free, tidak ada yang melalui KCCI. Yap, tepat sekali yang tahun 2013 biaya sendiri untuk akomodasinya.
      Hmm, teman saya ada juga yang sama sekali tidak bersentuhan dengan hal-hal yang berbau korea kok, dan peluang nya ada banget kalo mbak mau join.
      Pendaftaran akan dibuka pertengahan Juni 2015 ini, siap2 aja ya :)

      Hapus
    2. huaaaaaaaaaa tengkyu banget informasinya. tahun 2014 kemaren aku ketinggalan info nih acara. waktu itu lagi KKN. you know laaah no internet access. semoga tahun ini bisa lolos. amin.
      sebenernya agak ketar-ketir juga tahun ini mereka ngadain lagi apa nggak. lagi pada heboh wabah MERS dikorea

      Hapus
    3. InshaaAllah akan ada lagi kok program nya, Firda. ditunggu saja ya.

      Hapus
    4. beruntung abnget sih kamu sat, tahun ini terbangnya bayar sendiri lagi. kayak tahun 2013 lalu. ababil banget sih hahaha

      Hapus
  2. Halooo, boleh tanya-tanya via email? Makasiiiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mbak Ayu, di satria.hardinata@yahoo.com

      Hapus
  3. Halo Ka Satria,
    Saya Sarah mau bertanya sedikit terkait program YCAF. untuk persyaratan setifikat TOEFL/TOEIC apakah bersifat wajib atau tidak ? dan ketika mengirimkan persyaratan apakah perlu juga untuk melampirkan CV/Motivation Letter ?

    Terima Kasih sebelumnya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer