Youth Camp for Asia's Future (2) - Departure and Arrival in Seoul

Depart from Jakarta
06 Agustus 2014. Finally, berangkat jugaa!! Tiket pesawat Korean Air yang ada di tangan aku sebentar lagi akan tertukar dengan perjalanan di atas awan yang luar biasa. Cuma itu yang ada di pikiran aku saat itu. Sekali lagi, sampe detik ini, aku gak pernah naruh satupun ekspektasi aku untuk bisa dateng ke Negara Gingseng itu. *but, Alhamdulillah, again*
Kami berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta tepat pukul 22.00 WIB. Perjalanan udara menuju Incheon International Airport memakan waktu sekitar 6,5 jam. Fyi, ternyata kita dapet baggage priority. Artinya, bagasi kita akan keluar lebih dulu saat tiba di bandara tujuan.
Pelayanan Korean Air sangatlah luar biasa, mulai dari fasilitas, konsumsi hingga pelayanan pramugarinya sangat baik. Kalo aku nilai, aku kasih 100 dah. Disini, penumpang diberikan kebebasan untuk memilih sendiri tempat duduknya, selama tempat itu masih kosong. Memilih sesuai kenyamanan. Lalu, ada pula LCD untuk menonton film, supaya nggak boring selama perjalanan. Dan ternyata oh ternyata, Korean Air ini adalah maskapai penerbangan terbaik di Korea, coy! Wah wah.. luar biasa.

Arrive at Incheon International Airport
Akhirnya, sekitar pukul 7 am waktu korea, kita sampai juga di Incheon International Airport. Agak sedikit jetlag sih, karena waktu Korea adalah 2 jam lebih cepat daripada Indonesia.
Sesampainya disana, ternyata kita sudah disambut oleh temen-temen Korea yang menjadi Guide kita selama disana. And… How Sweeeet.. Korean guide kita menyiapkan penyambutan yang luar biasa, dia membuat sebuah spanduk kecil kreatif bertuliskan “Selamat Datang di Korea”. Ia bernama Park SunJung,  Yang bikin aku kaget adalah Sunjung itu mahasiswa Hankuk Universiy for Foreign Student dengan jurusan BAHASA INDONESIA. *Oh My God. I cant believe my eyes, my ears. Bahasa Indonesia ternyata masih diapresiasi di Negara itu. Sebuah apresiasi yang luar biasa. Alhamdulillah.*

(Foto Narsis Tim Delegasi Indonesia bersama our Best Korean Guide, SunJung (foto Kanan))

Ternyata setelah sampai di Incheon, kita harus menunggu sedikit lebih lama kedatangan kawan-kawan dari Negara lain, seperti Thailand, Brunei, Nepal, dll. Waktu menunggu gak bakal aku sia-siain buat ber-sosialisasi doooong sama mereka.

Dan, kali ini, aku sangat terkesan banget sama Bandara Incheon. Mulai dari aku turun dari pesawat sampe mau keluar dari bandara, aku gak menemukan satupun besi bangunan yang berkarat, gak satupun juga aku temuin sampah berserakan, juga gak satupun aku temuin pelayanan bandara yang buruk. Semuanya serba bagus, teknologi yang luar biasa, infrastruktur yang terdesain dengan sempurna, manajemen mutu bandara yang luar biasa. Akkkk gak mandek mandek ngomong Alhamdulillah lah pokoke. Kali ini harus aku akuin kalo bandara di Indonesia masih kalah (jauh (banget)) sama bandara yang satu ini. Gak salah lah kalo Incheon Airport ini dinobatkan sebagai Airport Terbaik di Dunia oleh Airport Council International sejak tahun 2005.

Komentar

Postingan Populer